Cara Menjual barang mahal

Ummu Fabil:
Bagaimana Menjual Produk dengan harga lebih mahal dan orang berebut
.
.
.
.
.

Hehe..
.
.
.

Banyak orang yang nanya seperti ini ke saya..
.

Ya, kebetulan saya memang udah praktikkan cara ini..
Saya pernah jualan pulpen standar seharga Rp 700.000,-
.

Saya pernah jual selembar tissue dengan harga Rp 750.000,-
.

Saya juga pernah jualan Sendal Jepit dengan harga Rp 2.000.000,- Cash
.

Saya pernah jual juga air mineral dengan harga Rp 3.500.000,-
.
.

Kalau sekali, berarti kebetulan..

Kalau dua kali, berarti kebiasaan..

Kalau tiga kali, berarti keasyikan..
.
.

Oke sekarang saya beberkan strateginya kepada Anda ya... Strategi ini saya berikan secara step by step, jadi tulisan ini agak panjang.. tapi kalau Anda praktikkan, hasilnya akan gila-gilaan...
.
.

Harapan saya setelah saya membeberkan strategi ini, bukannya Anda malah jualan pulpen, tissue, sendal jepit atau air mineral..
.
.

Bukann... Hehe..
.
.

Pahami polanya, aplikasikan dalam bisnis Anda, sip?
.
.
.

1. Temukan Keunikan Produk Anda
.

Kira-kira apa manfaat jika seseorang membeli produk Anda?
.
Mengapa orang harus membeli produk tersebut melalui Anda bukan kepada yang lain?
.

Mengapa orang harus tetap membeli melalui Anda walaupun harganya lebih mahal?
.
Mengapa orang harus membeli produknya sekarang bukan besok saja?
.
.
Ya, silahkan direnungkan dan dijawab..
.
.

Kata teman saya, Salah satu aset terbaik bagi pengusaha itu adalah Waktu untuk Berpikir..
.

Ayo pikirkan apa sebenarnya keunikan produkmu...
.
.
.

2. Cari Target Market yang Mampu Membayar dengan Lebih Mahal
.
.

Coca-Cola di warung harganya Rp 2.500,-
Coca-Cola di Cafe harganya Rp 15.000,-
Coca-Cola di Hotel Bintang 5 harganya Rp 49.000,-
.

.
Tapi tidak pernah ada orang yang menganggap orang yang beli Coca-Cola di Hotel Bintang 5 adalah orang yang bodoh..
.

Kenapa?
.

Karena mereka mampu membelinya..
.
.

Di Indonesia itu pangsa pasar orang yang mampu membayar lebih itu masih luas banget..
.

Bahkan kalau dibandingkan dengan negara tetangga, misalnya Singapura..
.
Begini, Singapura itu penduduknya kurang lebih 5.000.000 Jiwa
.
Indonesia itu penduduknya kurang lebih 250.000.000 Jiwa
.
Apakah penduduk Singapura itu adalah orang yang hidup berkecukupan semua?
.

Tidak...
.

Kalau penduduk di Indonesia 2% aja yang hidupnya berkecukupan, berarti ada 5.000.000 di Indonesia yang hidupnya berkecukupan..
.
.

Jadi lebih besar pasar mana?
.
.

Jelas Indonesia...
.
.

Yuk, kita balik ke produk Anda...
.
.

Saya yakin ada orang-orang tertentu yang mampu membayar lebih mahal dengan produk yang Anda tawarkan...
.
.

Kalau produk Anda tidak berkualitas dan susah dijual lebih mahal, wajar...
.
.

Kalau produk Anda berkualitas, tapi sampai hari ini susah jualannya, Anda yang kurang tepat mengatur Target Marketnya...
.
.
.
Sampai disini, nangkep?
.

Oke kita lanjut....
.
.
.
.

3. Calon Pelanggan > Jumlah Produk
.

Pastikan kalau jualan apapun lebih banyak Calon Pelanggan Potensialnya dibandingkan Jumlah Produknya
.

Supaya apa?
.
.

Ya, Supaya calon pelanggan yang berebutan..
.
.

Bukan kita yang ngemis-ngemis...
.

Nangkep?
.
.
.

Jadi saya kalau jualan, gak pernah ngomong gini, "Ready Stock... saya akan melayani Anda 24 jam..."
.
.

Kenapa?
.
.

Kalau kayak begitu, akhirnya orang ga beli sekarang, dia akan menunda-nunda pembeliannya..
.
.

Nah kalau kita batasi, menariknya mereka bahkan berebut satu dengan yang lain...
.

.

"Wah, tapi kalau kita batasi, sebenarnya stok kita banyak, kita bohong dong, Pak?"
.

Bisa iya, Bisa tidak..
.

Ayo kita pelajari supaya Anda gak bohong,..
.
.

Caranya begini, misalnya Stok Anda 1.000 pcs..
.

Anda punya target akan habis selama 1 Bulan..
.

Maka, Anda bisa katakan seperti ini, "Sisa tinggal 33 Pcs lagi, untuk hari ini"
.
.

Nah kalau ada orang ke-34 mau beli, jangan dilayani..
.
.

Bilang sama dia, besok aja.. Stok untuk penjualan hari ini sudah habis.. besok akan ada lagi...
.
.

Supaya Anda terbukti bahwa memang Anda membatasi hal tersebut..
.
.

Jujur kan? hehe
.
.
.
Jadi kalau mau jualan apapun rumusnya begini..
.
Kalau produk Anda ada 1 buah.. minimal harus

ada 2 calon pelanggan..
.
Kalau produk Anda ada 10 pcs.. minimal Ada 12 orang calon pelanggan potensial Anda..

.Sampai disini mengerti?
.
.
.

Okei.. sampai disini, kalau kita udah:
1. Tahu Keunikan Produk kita
2. Membidik Target Market yang mampu bayar lebih mahal
3. Calon Potensial kita sudah lebih banyak dari jumlah produk kita
.

Apakah orang akan berebut?
.

Biasanya sudah berebut.. Tapi kita bisa bikin lebih seru lagi dengan cara...
.

4. Berikan Bonus Gila-Gilaan
.

Bonusnya bisa berupa:
- Produk Pelengkap dari produk yang Anda jual
- Produk yang ga ada hubungannya dengan produk utama Anda..
Apa hubungannya Ayam Goreng sama CD Musik? Baik-baik saja.. hehe
- Voucher produk Anda lainnya
- Undian
- Dsb
.
.

Jangan lupa di setiap bonus, kasih kata-kata senilai sekian Rupiah..
.

Tapi angkanya harus masuk akal.. Jangan lebay..
.

Nah, sampai disini kalau ditambah voucher, orang jadi tambah berebut?
.
.

Eittss.. tunggu dulu.. Kalau Anda gak promosikan produk Anda bagaimana bisa laku apalagi berebut? hehe
.
.

Makanya step terakhir adalah
.
5. Promosikan Produk Anda

Cara paling simple mempromosikan produk adalah dengan mengikuti urut-urutan berikut ini:
.
.

1. Judul yang Menarik
2. Alasan mengapa Pembeli membeli Produk
3. Testimonial Pelanggan
4. Bonus yang Menguntungkan
5. Harga Spesial
6. Berikan Kontak Bisnis Anda
.
.

Jangan lupa Kata Kuncinya: "Siapa Cepat, Dia Dapat"
.
.

Sampai disini nangkep?
.
.

Hehe.. saya tahu otak Anda berasap hehe.. tapi yang penting buat saya adalah bukan otak Anda berasap atau tidak, tapi Anda praktek atau tidak hehe...
.
.

Oke saya review lagi,  "Bagaimana Menjual Produk dengan harga lebih mahal dan orang berebut"
.
.

1. Temukan Keunikan Produk Anda
2. Cari Target Market yang Mampu Membayar dengan Lebih Mahal
3. Calon Pelanggan > Jumlah Produk
4. Berikan Bonus Gila-Gilaan
5. Promosikan Produk Anda
.
.

Biasanya yang Strategi seperti ini yang saya bagikan di seminar/Workshop saya..
.
.

Sebenarnya, Ini Ilmu Sampah... kalau tidak dipraktikkan..
.
.
.
Ilmu dari coach Yeheskiel Zebua ini kalau dipraktikkan.. Hasilnya bisa gila-gilaan...
.
.

Yuk Praktek...
.
.

Semoga bermanfaat untuk Anda yah :)

Komentar