Bisniss Model canvas

[20/10 8:29 PM] Arif Handycraft: Bicara soal konsep Bisnis maka kita membutuhkan sesuatu tools sebagai bahan rujukan dalam menjalankan suatu bisnia. Oleh karena itu model yang sering dipakai dan praktis utk mengkonsep model sebuah bisnis  salah satunya adalah Business Model Canvas (BMC) ini.
[20/10 8:30 PM] Arif Handycraft: BMC ditemukan oleh Alexander Ostelwalder dan Yves Pigneur.
Buku nya bisa kita dapatkan di toko buku terdekat ya hehheeh
[20/10 8:32 PM] Arif Handycraft: Model suatu bisnis adalah hal yg menggambarkan konsep dasar pemikiran ttg bagaimana organisasi (menjalan kan bisnis)  menciptakan, memberikan dan menangkap nilai dari suatu bisnis yang dijalankan maupun sedang direncanakan.
[20/10 8:33 PM] Arif Handycraft: BMC ini memang sangat luar biasa membantu para start up membuat blue print bisnis yg ingin mereka lakukan. Agar lebih terarah dan jelas dalam menentukan tujuan bisnisnya.
[20/10 8:36 PM] Arif Handycraft: Akan tetapi setelah kita sdh membuat rancangan BMC, konsep saja ga cukup lho ya. Kita perlu melakukan Percobaan dalam skala kecil. Jika hasilnya ok maka bisnis kita siap utk di scale up. Jika masih blm maksimal maka kita harus melakukan revisi BMC yang kita buat.
[20/10 8:37 PM] Arif Handycraft: Langsung saja apa itu Business Model Canvas?
[20/10 8:38 PM] Arif Handycraft: Kita akan belajar dari setiap kotak yang terdapat di dalam model BMC ini.
[20/10 8:39 PM] Arif Handycraft: Ini adalah 9 kolom yang harus anda isi dalam konsep BMC

1. Value proposition
2. Customer segments
3. Channel
4. Customer Relationship
5. Revenue Stream
6. Key Activities
7. Key Resources
8. Key Partnership
9. Cost Structure

Semangat
[20/10 8:45 PM] Arif Handycraft: Kita bahas satu2
1. Apa itu value Propositions ?

Value propositions adalah nilai yg anda tawarkan kepada buyer atau pelanggan anda..

Proposisi nilai adalah alasan yg membuat pelanggan beralih dari satu perusahaan ke perusahaan yg lain.
[20/10 8:48 PM] Arif Handycraft: Jadi apa yg anda tawarkan kepada pelanggan ?
Apa nilai kelebihan anda dibandingkan dengan kompetitor anda?
Mengapa buyer harus membeli ke anda bukan kompetitor.?
[20/10 8:48 PM] Arif Handycraft: Bisa jadi sesuatu yg baru, kinerja yg lebih maksimal, atau bisa custom alias anda bisa menyediakan sesuai dg yg diinginkan pelanggan, problem solver, desain yg lbh menarik, merek atau status, harga yg menarik, cost yg lebih rendah atau mengurangi cost, kenyamanan, garansi jual, dll
[20/10 8:53 PM] Arif Handycraft: 2. Apa itu customer segments ?

Sekelompok orang atau organisasi yg akan anda jangkau atau layani. Dalam hal ini menyelesaikan masalah yang dihadapi mereka dengan produk yang anda tawarkan.
[20/10 8:54 PM] Arif Handycraft: Bicara Customer segments maka kita akan membahas tentang

- apakah yg dia pikir dan rasakan ? Apakah yg benar2 berarti kegelisahan terbesar, kekhawatiran dan aspirasi, apa yg paling penting untuknya ? Bayangkan emosinya, apa yg menggerakkannya ? Apa yg membuatnya ga bisa tidur ?
- Apa yg dilihatnya ? Jelaskan apa yg dilihat pelanggan dilingkungannya ? Siapa yg mengelilinginya ? Siapa teman2 nya ? Apa masalah yg ditemuinya ?
- Apa yg dia dengar ? Apakah yg dikatakan org2 terdekatnya ? Siapakah yg benar2 mempengaruhinya ? Saluran media mana yg paling banyak dia dengar ?
- Apa yg dikatakan dan dilakukannya ? Bagaimana perilakunya di depan umum ?
- Rasa sakit, rasa takut, frustasi, rintangan
- Perolehan. Apa yg benar2 ingin dicapainya ? Bagaikana ia mengukur kesuksesan ? Pikirkan beberapa strategi yg digunakannya utk mencapai kesuksesan.
[20/10 8:56 PM] Arif Handycraft: Bisa juga anda membuat segmentasi dari Usia, Lokasi, sifat, kebiasaan, pekerjaan, status sosial, dll

Ibarat anda punya obat maka pasien dg penyakit apakah yg membutuhkan obat yg anda miliki ?

Intinya siapa saja yg akan membutuhkan value dari produk/jasa yg anda tawarkan.

Seperti susu SGM ya hehehh masih inget kan
[20/10 8:57 PM] Arif Handycraft: 3. Channel adalah yg menggambarkan bagaimana perusahaan atau bisnis anda berkomunikasi dg segmen pelanggan anda tadi sehingga pelanggan anda bisa mengetahui bahwa anda memiliki value proposition.
[20/10 8:59 PM] Arif Handycraft: Intinya gmn caranya agar produk/jasa yg anda miliki bisa sampai ke tangan customer ?

Melalui saluran apakah pelanggan anda dijangkau ? Manakah saluran yg terbaik ? Manakah yg low cost high impact ?

Apakah melalui web, ritel, atau menggunakan sistem seperti apa ?

Paling banyak sekarang digunakan adalah sosmed FB yang menjadi ladang uang yang menguntungkan bagi bisnis anda.
[20/10 9:00 PM] Arif Handycraft: 4. Customer relationships adalah gambaran ttg bagaimana hubungan anda dg pelanggan

Gimana caranya agar org yg udah beli jadi beli lagi, lagi dan lagi, buyer to costumer.

Gimana caranya agar pelanggan ttp terhubung dg bisnis anda ?

Seperti forum ini adalah salah satu cara membangun Customer Relationships.

Kolam ikan nya mana?
[20/10 9:03 PM] Arif Handycraft: 5. Revenue Streams adalah yg menggambarkan ttg arus pendapatan yg bisa anda jangkau dari bisnis anda

Pemasukan apa lagi yg bisa dimaksimalkan dari bisnis anda ?

Sebagi contoh rias pengantin selain rias berjalan juga ada pemasukan lain dari sewa pakaian foto, dekor, dan lainnya.

6. Key Resources adalah menggambarkan ttg aset2 atau sumberdaya2 terpenting yg anda butuhkan agar bisnis anda bisa berjalan

Bisa berupa peralatan fisik, ilmu/skill/knowledge, manusia, finansial
Alat dan Bahan yang dibutuhkan saat produksi dan peralatan yang menunjang produktifitas.
[20/10 9:05 PM] Arif Handycraft: 7. Key activities adalah hal2 terpenting atau aktivitas terpenting yg harus dilakukan bisnis atau perusahaan anda agar bisnis dapat berjalan.

Bisa proses produksi, marketing, proses pemecahan masalah,dll
Pada intinya seperti SOP nya

8. Key Partnership adalah siapa saja mitra2 baik perorangan maupun organisasi perusahaan untuk bisa membantu anda

Intinya pihak2 yg bisa membantu memudahkan proses bisnis kita...
[20/10 9:07 PM] Arif Handycraft: 9. Cost structure adalah struktur biaya atau semua biaya yg kita butuhkan atau yg harus dikeluarkan utk mengoprasikan bisnis kita

Seperti sewa tempat ruko, gaji karyawan, biaya marketing, HPP dll

So, skrg coba anda buat BMC utk bisnis anda masing2...

Kesembilan Blok ini menjadi dasar alat bantu yg sangat ringkas utk anda membangun bisnis anda

Kategori di dalam value proposition

Lalu, standardnya, value proposition bisa diisi sesuai kategori:

Newness : produk / jasa yang baru yang belum pernah ditawarkan sebelumnya biasanya banyak ditemukan di dunia teknologi.

Performance: produk / jasa yang ditawarkan meningkatkan kinerja customer agar menjadi lebih efisien / lebih efektif.

Customization: produk / jasa yang ditawarkan berbeda / ada pilihan untuk setiap segmen yang memiliki kebutuhan yang beragam/berbeda.

Getting the Job Done : dengan membeli brg tersebut akan membantu customer menyelesaikan sesuatu.

Desain (Design) : menawarkan nilai artistik lebih dr sekedar fungsional.

Status (Brand) : merk yang high class memberi social status kepada pembelinya.

Harga (Price) : menawarkan harga yang bersaing atau sesuai dengan ciri customer segmennya.

Hemat (Cost reduction) : produk / jasa yang ditawarkan membantu customer mengefisienkan biaya pemakaian.

Meminimasi Resiko (Risk reduction) : menawarkan produk /  jasa yang meminimalkan risiko yang ditanggung customer seperti garansi.

Akses (Accessibility) : mempermudah akses customer terhadap produk /  jasa yang ditawarkan.

Kenyamanan (Convenience/usability) : menawarkan produk /  jasa yang nyaman dan cenderung mempermudah customer.

[20/10 9:52 PM] ‪+62 812-3054-3325‬: Cara bodoh mengisi value proposition

Cara bodoh ini bisa digunakan untuk pemula, atau bila Anda membuat BMC untuk keperluan kuliah dan lomba bisnis. Langsung saja tulis dengan format “Kategori: keterangan”. Contoh, dalam Evelyn’s Boutique kita, value proposition-nya adalah

Design: menawarkan desain batik khusus yang bisa digunakan anak-anak

Performance: Baju batik anak-anak Evelyn’s Boutique bisa digunakan untuk keperluan formal maupun santai, karena bahannya yang nyaman untuk si kecil.
[20/10 9:53 PM] ‪+62 812-3054-3325‬: Cara mengisi business model canvas: value proposition

Kalau cara pintarnya, Anda bisa mengisi value proposition tetap sesuai kategori, tapi bisa diucapkan sehingga dapat menjadi sales pitch Anda. Format yang kami anjurkan:

(nama produk Anda) adalah (apa yang Anda jual). Tidak seperti (nama pesaing Anda), kami menawarkan (keunggulan Anda). Untuk (customer utama Anda), kami punya (keunggulan lagi)”.

Format ini bisa diucapkan dibawah 30 detik, mudah diingat orang, dan masih berisi kaidah business model canvas yang benar. Berikut apabila diterapkan untuk Evelyn’s Boutique milik kita:
[20/10 9:53 PM] ‪+62 812-3054-3325‬: Value Proposition

Evelyn’s Boutique adalah butik yang menjual pakaian batik untuk anak-anak. Tidak seperti produk batik lainnya yang membosankan, kami membuat desain batik yang disukai anak-anak. Untuk anak-anak di bawah 12 tahun, batik dari Evelyn’s Boutique bisa digunakan untuk acara formal maupun santai.

Setelah jadi, silahkan di praktikan perlahan.
Semoga bermanfaat

Copas dari angkringan bisnis

Komentar