Online selling

[31/10 7:41 PM] ‪+62 859-2006-6765‬: 1 ONLINE SELLING PATTERN
atau pola jualan Online
[31/10 7:42 PM] ‪+62 859-2006-6765‬: materi ini sy copas dr guru bisnis sy *Abdul Muiz Farist*
[31/10 7:42 PM] ‪+62 859-2006-6765‬: POLA JUALAN ONLINE
[31/10 7:43 PM] ‪+62 859-2006-6765‬: Yg sebetulnya bisa juga diterapkan dalam jualan offline

Strategi ini di singkat menjadi strategi P. A. S. A. R
[31/10 7:45 PM] ‪+62 859-2006-6765‬: P yg pertama adalah

*PLEASURE*

atau menyenangkan,
ramah tamah, grooming, dsb

Yah,  sebagai penjual tentu saja kita harus menyenangkan, bahagia, karena bahagia itu cepat sekali menular ^_^

hanya saja dalam Online kita tidak langsung berhadapan dengan pelanggan

Tapi diwakili oleh percakapan atau chating via messenger BBM,  WHATSAPP,  LINE@, dll

Nah,  utk menyiasati bagaimana agar kita selalu "tampak" bahagia

Kita bisa gunakan emoticon smile

👉 😊

Atau

👉 ^_^

Di ahir kalimat

jadi seandainya kita sedang kesal sekali pun menghadapi beragam karakter pelanggan,

Kekesalan kita akan tertutupi oleh emoticon tersebut   ^_^

Bagaimana cara mengetahui karakter pelanggan, yah anda bisa pelajari lagi, misalnya dengan NLP,  PERSONALITY PLUS, dll
[31/10 7:49 PM] ‪+62 859-2006-6765‬: A yang kedua adalah *ASK*

atau tanya

Dengan bertanya, tingkat closing kita akan meningkat sampai 70%

wow

Seorang TOP SELLER atau yg jago jualan bukan lah yg jago ngomong

Akan tetapi,  pintar menyesuaikan, dan yg terpenting "membuat " pelanggan nya yg balik jago ngomong

Semakin banyak bertanya, kita akan dapat menggali data-data tentang pelanggan

Dan orang memang suka di perhatikan, diketahui detail tentang dirinya

Jika di ibaratkan alat musik gamelan

Pelanggan jadi kendangnya
Kita jadi gong nya

Plak tung plak tung

Gooooong!!

Plak tung plak tung

Gooong !!

😆😆😆

Tanggapi habis habisan

Jangan sampai percakapan berhenti di kita

contoh..

Pelanggan
"Mba sy mau produk nya dong, harganya berapa?

Kita
"boleh bu dengan ibu siapa yaa ?

^_^

Pelanggan :

Sy Lastri dr kebumen,,
Kita: silahkan bu *Lastri* ,, perkenalan di terima dengan baik, ibu  pilih yg A atau B ?

dan seterusnya

TANYA
[31/10 7:52 PM] ‪+62 859-2006-6765‬: S yang ketiga adalah *SUPPRESSION*

atau mendekati penekanan  tapi bukan pemaksaan ^_^

Jurus Pepet Habis 😄 ..

misal pelanggan nya bilang

"mba saya tanya suami dulu yaa .... "

"oke bu.. klo boleh tau berapa lama yaa..
^_^

"mba nunggu gajian yaa.. "

"boleh bu, tapi sekedar info , ini promonya habis sampai besok yaa .. ^_^"

dll sy yakin anda faham 😊
[31/10 7:53 PM] ‪+62 859-2006-6765‬: Menunda transfer , sm dengan menghilangkan konversi closing 😊
[31/10 7:55 PM] ‪+62 859-2006-6765‬: A yg ke empat adalah *ADDRESS*

atau alamat

Selalu Tanya alamat lengkap nya plus kecamatannya,, buat seolah kita langsung cek ongkir,, dan *padat* orderan

Walau saat itu dia belum beli

nama lengkap
nomor HP
alamat lengkap
atau bahkan
alamat e_mail

Lalu kita bikin database,

Prospek( belum beli)
Buyer (pertama beli)
Customer (sering beli)

bahkan ada cara nyeleneh yg di lakukan teman saya,, 

dia tetap packing pesanan pelanggan walau belum transfer

lalu paket beserta alamat tadi di foto dan di kirim melalui whatsapp nya

^_^

Yaah klo yg ini sih bebas aja terserah anda mau di pakai atau tidak caranya ^_^

Bahkan sekelas raksasa online shop, e-commerce, dll pasti selalu minta utk submit alamat e_mail  anda, betul 😊

buat apa sih?

buat yg terahir ini

👇
[31/10 7:57 PM] ‪+62 859-2006-6765‬: R yang terahir adalah *REMINDER*

atau mengingatkan

Boleh pakai jurus copy writing..

Now or never,,
Promo satu hari,,
Pre order,,dll

Kelemahan penjual Online adalah berhenti pada proses reminder ke dua

Begitu ditolak, selesai

Padahal kita harus melakukan proses reminder ini minimal 5 kali teman teman 😊

Coba anda perhatikan e_mail anda berapa kali Dewa Eka Prayoga mengingatkan anda melalui e_mail

Begitupun yg lain nya, sekelas Rico Huang, Fikry Fatullah, dll

Saran saya selalu buka semua e_mail yg masuk,

baca (lahap) sampai habis,,

pelajari pola nya (berapa hari sekali misalnya)

pelajari copy writing nya

dll

Dan saat reminder, gunakan kalimat pertanyaan Ya  atau Ya

Bukan Ya atau Tidak

"ibu jadi beli engga?

"engga mba... "

selesai

"ibu transfer kapan?...

"kapan kapan...

Gagal closing

Dan yang terpenting,
Buat selalu pelanggan anda penasaran

Karena

*penasaran adalah pemasaran*

Dan satu lagi

Buat pelanggan anda tahu bahwa anda EXIST atau SELALU ADA

jadi beli atau tidak

yang penting saat dia mencari produk tertentu

Dia akan ingat nama anda,
Dan kemana harus menghubungi anda
[31/10 8:03 PM] ‪+62 859-2006-6765‬: Pada tahap ini anda harus mengumpulkan database tadi,, bisa broadcast bbm berpola dll..

dan biaya menjual ke pelanggan, jauh lebih murah dr pada menjual ke prospek ,, betul?

Dan harus di bedakan prosesnya

👉reminder ke prospek dan
👉reminder ke pelanggan, beda copy writingnya..

Pelanggan ga perlu yg muluk muluk ya kan ?
[31/10 8:04 PM] ‪+62 859-2006-6765‬: SEKIAN

*POLA JUALAN ONLINE*

Mangga di praktikan 😊💆‍♂💆‍😆

Copas dari ab
Coach indra

Komentar