Kegagalan bisnis

[8/11 8:12 PM] ‪+62 818-0882-1231‬: kita Bahas masalah NIAT terlebih dahulu*.

Karena NIAT itu adalah hal yang paling mendasar yang mungjin sering di lupakan saat kita sudah mulai di pertengahan jalan saat usaha..

" _Sesungguhnya amal perbuatan tergantung kepada niatnya, dan bagi seseorang tergantung apa yang ia niatkan...._"

Kutipan hadits tersebut mengandung makna bahwa apa yang kita lakukan tergantung pada apa yang kita niatkan.

Begitu pula dalam bisnis, apa yang kita capai tergantung pada apa yang kita niatkan.

Pilihlah niat yang benar, pastikan bukan sekedar untuk coba-coba,
untuk gaya atau hanya sekedar menjadi kaya.

“ *Sebaik-baiknya kalian adalah yang bermanfaat untuk orang lain* ”

Ternyata untuk berhasil dan sukses dalam bisnis atau usaha dibutuhkan alasan yang Kuat.

Anda harus punya alasan dari niat yang kuat
kenapa harus benar-benar berjuang,
menjadi pantang menyerah dan tahan banting.

Jangan hanya membayangkan uang saja, melainkan bayangkan orang-orang yang Anda sayang yaitu keluarga Anda, Orang tua, pasangan,
anak-anak, kakak dan adik-adik.

Untuk siapa Anda sukses, demi siapa Anda berjuang, harus benar-benar tergambar jelas dalam benak dan pikiran.

Ketika saya merencanakan untuk bermitra dengan beberapa perusahaan dan beberapa komunitas untuk berwirausaha,

yang membuat saya bisa bertahan adalah faktor

“Alasan Dibalik Niat Berwirausaha”

saya berjuang untuk
memperbaiki kehidupan keluarga , membahagiakan orang tua dan bermanfaat bagi sesama.

Saya tidak ingin kondisi selalu begitu-begitu saja.
Saya ingin ada peningkatan.

Ini adalah alasan terkuat yang saya tanamkan di dalam hati.

Yang berefek positif ketika menghadapi banyak kegagalan dan cobaan.

Anda bisa mencontoh beberapa alasan yang kuat dibalik niat yang Anda buat seperti berikut:

· *Saya berbisnis karena saya ingin membuktikan bahwa saya bisa sukses · Tujuan saya adalah ingin membahagiakan orang-orang terdekat saya* ·

*Saya ingin pergi ke tanah suci bersama pasangan untuk berumrah dan berhaji*

*Saya pun ingin mengumrohkan dan membiayai haji kedua orang tua* ·

*Bisa jalan-jalan bersama keluarga, berwisata*

· *Bisa lebih banyak berbagi, bersedekah untuk kerabat dan orang lain* ·

*Melalui jalan berbisnis saya ingin melunasi semua hutang*

· *Saya ingin buka beberapa cabang agar bisa bermanfaat bagi banyak orang*

· *Saya tidak akan menyerah karena saya orang tua saya sudah berjuang mati-matian untuk mendidik dan menyekolahkan saya sejak dari kecil* ·

*Saya ingin membuat orang tua saya bangga*

So... teman-teman *angringan bisnis* in sya allah kita akan sukses bersama ... *Niatkan pada hati kita,  mulai sekarang untuk apa kita berbisnis/usaha ?..*

Minta waktu sebentar, mohon yang sedang berdiri untuk duduk, yang sudah duduk ambil posisi yang nyaman,
pejamkan mata sejenak dan pikirkan *untuk siapa kita berbisnis?*, dan *untuk apa kita berbisnis/usaha ?*
[8/11 8:16 PM] ‪+62 818-0882-1231‬: Bagi teman-teman yang sudah mendapatkan Niatnya maka saya harap untuk mengunci nya rapat-rapat, dan genggamlah..

Karena seiring waktu berjalan dengan usaha kita maka semakin banyak coba maupun halangan yang akan terjadi..Nah saat semangat kita berkurang mala ingatlah NIAT AWAL KITA UNTUK APA...
[8/11 8:22 PM] ‪+62 818-0882-1231‬: Dengan berkembangnya teknologi saat ini, Sudah menjadi hal yang lumrah bila keberadaan beranekaragam media sosial di masa kini dimanfaatkan untuk tujuan pengembangan bisnis.

Hal ini memang cukup unik dan kreatif, mengingat media sosial telah menjadi media penyebaran informasi yang sangat efektif dan mempengaruhi persepsi banyak orang.

Dan saya yakin...
Teman-teman di sini sudah faham berbagai media sosial yang ada saat ini...

Disini saya coba mengshare statistik penggunaan internet di indonesia...
[8/11 8:24 PM] ‪+62 818-0882-1231‬: Banyak kan?

Tapi dalam prakteknya tidak demikian.

Sebagian besar orang yang melakukan social media marketing menyerah dalam hitungan bulan. Karena tidak ada hasil positif yang mereka dapatkan ke bisnisnya.

Dengan kata lain *Gagal*
[8/11 8:25 PM] ‪+62 818-0882-1231‬: Kenapa gagal ?

Malam ini akan kita bahas yang gagal saja untuk pelajaran kita bersama..

Faktor-faktor kegagalan pembisnis online yang sering di sampaikan oleh para mastah, yang bisa saya rangkum adalah sebagai berikut :

1. TIDAK menguasai PRODUK yg dijual
2. TIDAK ada TARGET jualan
3. Salah STRATEGY Medsos untuk Jualan
4. tidak mempunyai MARKETING KIT.
[8/11 8:27 PM] ‪+62 818-0882-1231‬: Oke kita akan bahas satu persatu ya..

Point 1

Ini adalah point terpenting yang harus kita kuasai..

Di sinilah yang akan membedakan profesional kita di mata konsumen saya rasa teman-teman sudah faham ya dengan point yang satu ini...
[8/11 8:29 PM] ‪+62 818-0882-1231‬: Untuk point kedua saya akan membuat sedikit sedekit pengalaman pribadai saya dan tidak ada maksud lain untuk sombong ya
[8/11 8:33 PM] ‪+62 818-0882-1231‬: Semoga menjadi inspirasi untuk teman-teman..

Mohon jangan share tulisan ini kemana pun ya...

Target diri untuk motivasi

Teman-teman semua di sini pernah sudah membuat target diri sendiri..

Jawabannya beragam, ada yang semangatnya luar biasa, ada yang kurang semangat, dan ada pula yang tidak percaya diri atau tidak yakin atas kemampuan sendiri .

Menurut saya target diri itu penting untuk perkembangan diri kita dengan satu syarat. Ya benar hanya satu syaratnya, apa itu ? Lakukan semaksimal mungkin untuk mewujudkannya...

Semua teman-teman di sini tau ya bahwa saya juga berkerja alias pegawai atau karyawan bahasa kerennya..

Perlu teman-teman ketahui bahwa saya setiap bulan harus dapat target, kenapa di target kerena saya bekerja sebagai marketing...

Sekedar share saja ya mungkin bisa untuk motivasi teman-teman semua di sini..

Target saya di kantor itu dalam sebulan (nominal di senbunyikan)

Kemarin tepatnya tanggal 8 oktober 2016, sy menghadap ke atasan dengan maksud mengutarakan niat saya..

Apa niat saya ?
Saya mengajukan sendiri ke atasan bahwa bulan ini saya ingin target saya (nominal disembunyikan) dan atasan saya welcome sekali.

Saya : S
Atasan : A

S : mohon maaf pak saya mengganggu waktunya...
A : iya ada apa jel.. ?
S : begini pak bukannya saya takabur, tapi saya ingin mengutarakan bahwa bulan ini saya akan membuat target (nominal di sembunyikan) semoga tercapai in sya allah
A : bagus, harus itu.hhe. semangat ya jel
S : siap pak
A : mau gaji berapa kamu jika tembus target segitu ?
S : berapa ya pak.. hhee
A : oke jel, jika kamu bisa tembus target yang kamu buat saya akan beri gaji kamu (nominal di sembunyikan) bulan ini.
S : oke pak, minta do'a nya ya pak
A : aamiin, semoga allah memudahkan semua rencana kita semua.
S : aamiin, terimakasih pak.
A : dan untuk memotivasi kamu lagi saya akan berikan bonus jika target tercapai, saya kasih Bonus
S : mantap pak, terimakasih sekali lagi, tapi saya butuh ganti laptop saya pak
A : laptop ambil saja di gudang itu ada laptop bagus tapi bekas marketing dulu coba minta tolong office boy untuk mengambilkan nya
S : iya pak, saya izin kebawah lagi ya pak
A : iya jel silahkan

Sampai disini percakapan saya dengan beliau.

Target sudah saya buat tinggal realisasi nya, jika target tidak ada usaha untuk merealisasikan nya hanya sekedar target bisa di bilang hanya angan-angan saja.

Teman-teman tau apa yang saya akan rencanakan untuk menembus target tersebut ?

1. Saya titip istri dan anak saya kerumah mertua.

Teman2 pasti bisa merasakan jika kita jaud dari keluarga, pasti sedih. Hhee, apalagi yang namanya anak jauh dari anak walaupun hanya 1 bulan serasa lama sekali.hhe.

Dan sekarang istri saya yg sedang hamil anak kami dan anak saya yg pertama sudah ada di rumah mertua saya

2. Saya harus tinggal di kantor

Teman-teman juga pasti juga mengetahui bahwa di kantor itu ga ada yang namanya kamar tidur. Hhe yang ada juga gudang.

Kantor yang lumayan besar mau ga mau saya harus tinggal di sana kenapa, karena hotline marketing itu ke no kantor, jadi pikiran saya jika ada konsumen malam telpon saya bisa akan bisa jadi  prospek saya, benar ga ?

Saya utarakan ke office boy bahwa saya akan tinggal di kantor, malah beliau bilang " bpk jelly mau tidur di kursi ? Apa mau tidur di mushola ?" Nah lho dalam hati saya bertanya2. Tapi saya balik bertanya " kalo malam beli makan dimana ya ?" Beliau menjawab" di warteg pak jelly" aduh nh orang sy juga tau kalo yg namanya warteg ya jual makanan, tapi saya ga utarakan.hhe hanya di dalam hati saja.

Di depan meja dan pc saya termenung, ya sudah jauh dari keluarga disini nanti susah makan lg. Hem.. Dan saya sudah di sejutu oleh atasan untuk tinggal di kantor.

Tapi inilah keputusan saya dan konsekuensi nya atas target yang saya buat..

*Tidak ada hasil maksimal tanpa perjuangan yang berat...*
*Tanpa di coba mana bisa saya tau hasilnya...*
*Berusaha sekuat tenaga dan serahkan hasilnya kepada ALLAHU TA'ALA*

Saya ingin dari cerita di atas teman2 bisa mengambil sebagai motivasi diri, ini bukan rekayasa tapi kejadian saya alami...

Semangat selalu teman2 karena hidup itu adalah perjuangan dan perjuangkanlah apa yang perlu di perjuangkan...
Jangan pernah menyerah karena menyerah hanya membuat kita berjalan di tempat...

Semoga termotivasi.
[8/11 8:43 PM] ‪+62 818-0882-1231‬: Oke sambil menunggu teman-teman kita yang lain membaca..

Kita lanjut diskusi kita ya..

Dengan target lah kita akan mengerahkan seluruh yang kita punya(lebay dikit) hhe..

Dan saya harap dari cerita saya di atas teman-teman semangat untuk membuat TARGET...

Yang belum mempunyai target malam ini buat ya..

Kalo visa yang fantastis..

SEMANGAT...
[8/11 8:47 PM] ‪+62 818-0882-1231‬: *POINT 3*

Ini yang akan menentukan kita akan sukses jualan online..

Ini bisa terjadi karena beberapa faktor..

Yang pasti kita harus terus selalu belajar dan belajar..

Ada pepatah *DI ATAS LANGIT MASIH ADA LANGIT* dengan kata lain jangan pernah merasa sudah pintar...

Sedikit saya akan membahas tentang

Membangun Strategi Sosial Media

Media social menjadi salah satu sarana pemasaran yang baik, terutama 10 tahun terakhir. Untuk kedepannya media social dilirik sebagai pasar yang cukup besar untuk membangun brand. Berikut cara yang benar mendapatkan manfaat dari segi marketing di media sosial :
1. Mengerti dan mengukur tujuan anda
2. Mengenal karakteristik pelanggan anda
3. Perhatikan dan awasi saingan anda
4. Pilih media yang tepat
5. Membangun perencana konten

*Mengetahui dan Mengukur Tujuan Anda*
Point ini sudah sedikit kita bahas di atas..

Anda harus mengetahui tujuan marketing yang anda lakukan di media sosial. Apakah untuk sekedar memberikan informasi atau mengenalkan produk anda saja? Apakah untuk meninkatkan traffic ke website anda? Apakah untuk mengningkatkan penjualan? Apakah membangun loyalitas dengan pelanggan anda? Apapun tujuan anda, itulah yang akan menentukan langkah berikutnya yang akan anda ambil.
Ada beragam tujuan marketing di media social, dengan mengetahui tujuan dengan jelas maka anda akan dengan mudah menemukan strategi apa saja yang dapat anda terapkan. Tujuan yang hendak anda capai harus terukur gunanya agar mudah dilakukan analisa terhadap stategi yang anda ambil. Terukur dari segi waktu dan hasilnya, dengan begitu anda akan mengetahui pencapaian yang anda lakukan.

*Mengenal Karakteristik Pelanggan Anda*

Setelah mengetahui tujuan anda dengan jelas selanjutnya anda harus mengenal karakter pelanggan/audiens anda. Semakin spesifik karakter audiens anda maka akan semakin baik. Dengan demikian anda bisa menarget orang yang tepat. Buatlah rincian pelanggan anda dari segi kegemaran, usia, ketertariakn bidang tertentu dan lainnya.

*Perhatikan dan Awasi Saingan Anda*

Saingan anda adalah mereka yang menjual produk sejenis atau mereka yang menargetkan audiens yang sama dengan anda. Dengan adanya saingan anda menjadi bersemangat mengembangkan strategi-strategi baru, bahkan anda bisa belajar dari kesalahan saingan anda, anda bisa belajar dari kiat-kiat sukses mereka, anda bisa pelajari setiap detail aktivitas media sosial mereka, dll.

*Pilih Media Anda*

Tidak semua media social sesuai untuk bisnis anda. Pilihlah media sosial yang tepat untuk mengembangkan bisnis anda. Anda juga harus dapat mengidentifikasi apakah media social tersebut dapat mencapai target audiens anda. Fokuslah pada 1 atau maksimal 2 media sosial saja. Lebih dari 2 media social membuat anda kewalahan, lain halnya jika brand anda sudah sangat terkenal.

*Membangun Perencana Konten*

Dan terakhir yang perlu anda lakukan adalah mengembangkan rencana konten dengan baik agar dapat menyampaikan materi dengan menarik. Buatlah konten yang menarik dan tidak monoton. Konten bisa berupa video pendek atau ulasan apa saja. Jadi tidak terus-menerus teks dan gambar saja. Terkadang konten anda selingi dengan meme yang lucu juga bagus. Kreatiflah dalam membuat konten dan berikanlah konten yang bernilai bagi audiens anda.
[8/11 8:53 PM] ‪+62 818-0882-1231‬: Ada sedikit yang tertinggal pelajarilah ilmu tentang *MEDIA SOSIAL MARKETING*

Karena tanpa ilmu kita akan kehilangan arah..

Setuju ya teman-teman semua ?

Banyak sekali di luar saya yang menjual cara-cara, atau tips dan trik untuk di media sosial..

Antaranya :
Sedikit saja akan saya bahas..

1. Buku-buku dari mastah-mastah terkenal
a. *kang DEWA EKA*
b. * bpk. HERMAS*
c. Dll

2. TOOL-TOOL
3. EBOOK
4. TUTORIAL
[8/11 8:54 PM] ‪+62 818-0882-1231‬: Tinggal teman-teman cari yang menurut teman-teman butuhkan..
[8/11 8:58 PM] ‪+62 818-0882-1231‬: Tetap semangat ya..

Kita lanjutkan walaupun sudaj sedikit malam. Hhe.

Berhubung saya lebih mengarah ke MEDIA SOSIAL MARKETING maka kita akan bahas masalah ini lebih panjang lebar..hhee..

Oh iya teman-teman di sini banyak yang memakai facebook untuk mendulang rupiah ?
[8/11 9:00 PM] ‪+62 818-0882-1231‬: Boleh di jawab teman-teman karena saya akan bahas sedikit mengenai facebook
[8/11 9:01 PM] ‪+62 818-0882-1231‬: Kebetulan sekali bararti saya ada di tempat yang tepat..

Oke kita lanjut
[8/11 9:04 PM] ‪+62 818-0882-1231‬: *Strategi Jitu Jago Marketing di Facebook*

Dari sekian banyak sosial media, tentu  saja Facebook yang paling populer. Karena kepopulerannya inilah media sosial Facebook bisa dimanfaatkan untuk mengembangkan bisnis, memperluas jaringan dan memasarkan produk.
Jadi, ini beberapa tips yang akan membantu anda menggunakan Facebook untuk marketing :

*- Profil yang bagus*

Semakin baik profil anda, semakin meningkatkan kepercayaan orang terhadap anda dan yang anda tawarkan. Masukkan foto anda, beri informasi tentang diri anda, website anda, pengalaman kerja, hobby anda, pendidikan anda, no handphone, email dll.

*- Perbanyak pertemanan*
Di Facebook anda dapat melihat teman dari teman anda. Oleh karenanya, bangun pertemanan dengan mereka juga. Orang lebih mudah percaya kepada orang yang memiliki hubungan dengan mereka. Temukanlah teman-teman lama anda, teman semasa sekolah dulu dan teman yang jauh disana bina kembali hubungan persahabatan/pertemanan yang lama hilang.

*- Join di grup dan buat grup anda*
Anda bisa bergabung di beberapa grup di facebook. Anda bisa bergabung di grup yang memberikan pelatihan/course, membangun bisnis, mentor yang membagi pengalaman mereka dll. Anda juga bisa membuat grup sendiri, anda akan memiliki teman-teman yang memiliki ketertarikan dan hobi yang sama. Dengan begitu anda membuat kontak dengan banyak orang dan lihatlah bagaimana bisnis anda tumbuh. Buatlah grup yang menarik banyak minat orang, semakin aktif grup maka semakin baik. Mulailah dengan hal-hal yang anda sukai, misalnya grup bercocok tanam, grup sepakbola, grup bisnis olshop, grup pecinta film, dll. Buatlah member grup anda ikut berinteraksi didalamnya.

*- Share blog/website*
Jika anda memiliki blog, website. Anda bisa share, dengan begitu anda akan mendatangkan pengunjung di blog/website anda. Semakin banyak yang membaca blog dan website anda semakin berkembang bisnis anda. Selalu perbarui blog/website anda, anda akan lihat akan ada orang-orang yang jadi pembaca setia anda yakni mereka yang selalu mengikuti apa yang anda tulis, berikan informasi yang bermanfaat buat mereka selanjutnya anda akan mudah melakukan sales marketing.
Ini adalah strategi jitu marketing Facebook yang paling efektif yang dapat anda gunakan sekarang untuk meraih kesuksesan bisnis anda di Facebook. Berikut strategi-strategi yang dapat anda terapkan :
Memanfaatkan traffic website anda dengan menempatkan ikon media sosial, yang diarahkan ke halaman akun facebook anda.
Gunakan signature e-mail anda untuk menampilkan URL Facebook Fan Page anda.
Mengirimkan e-mail blast
Promosikan Halaman Facebook anda di toko online anda.
Tentukan hari yang terbaik untuk memposting konten.
Membuat dan update status jadwal.
Gunakan Facebook Plugin untuk dengan mudah meningkakan fans anda.

*Gunakan Facebook Ads* untuk membantu anda mencapai hasil yang anda inginkan untuk bisnis anda.
Berpikir di luar kotak dan menciptakan kontes Facebook.
Tag pengguna lain dan halaman dengan menggunakan fitur @ di Facebook
Mengembangkan tab halaman custom atau aplikasi untuk kupon, diskon, dan setiap penawaran eksklusif lainnya. Anda juga dapat menggunakannya untuk newsletter dan tujuan kampanye lainnya.
Mengintegrasikan tombol berbagi media sosial di halaman website anda.
Terlibat dengan lainnyadi Facebook Pages.

*Gunakan Gambar dan Video untuk update konten anda*
Membuat atau bergabunglah dengan Facebook Groups
[8/11 9:14 PM] ‪+62 818-0882-1231‬: Yang terakhir nh karena takut ganggu teman-teman yang sedang istrahat..

Saya ada sedikit info yang menurut saya teman-teman pebisnis perlukan bahkan HARUS
[8/11 9:16 PM] ‪+62 818-0882-1231‬: Ingat

*ilmu tanpa praktek sia-sia*

*Praktek tanpa ilmu percuma*

*Jualan tanpa keduanya maka hasilnya... ?*
[8/11 9:17 PM] ‪+62 857-1784-9991‬: Nol
[8/11 9:18 PM] ‪+62 853-4244-0870‬: Ingat

*ilmu tanpa praktek sia-sia*

*Praktek tanpa ilmu percuma*

*Jualan tanpa keduanya maka hasilnya NOL

Komentar