Bisnis ol

GAK ENAKNYA BISNIS ONLINE

Kalau yang lain bilang enaknya saja, saya mau bilang gak enaknya, supaya Anda siap2 jika ini terjadi pada diri Anda yang memulai usaha Online, jangan kaget ya...

- Bisnis online itu gak terikat waktu. Beda dengan buka toko yang udah pasti terjadwal buka jam sekian, tutup jam sekian. Di dunia Online, orang bisa aja order jam 11 siang atau 11 malam, bahkan jam 1 dini hari atau sebelum shubuh. Itu Order, komplain nya belum di hitung dan Anda harus siap balasnya

- Harus sering2 ngecek stock. Seperti judulnya banyak yang memulainya sebagai dropshipper atau reseller, kalau stock di tempat kita udah habis harus buru2 hubungi supplier. Belum lagi supplier kalau ogah2an balesin chat kita karena dia sendiri juga sibuk jualan.

- Promosi tiada henti. Nah ini yang bikin otak kita harus benar2 di peras. Tiap kali update status kudu dipikirin, karena udah jelas orang gak suka di juali, jadi kalau jualan soft selling itu harus banyak2 menggali ide. Kalau hard selling kan gampang, tinggal Anda jual apa, berapa harganya beres.

- Ongkir yang gak sesuai dengan aplikasi atau websitenya. Nah ini paling sering juga dan nyebelin, selisihnya sih dikit kadang2, walaupun ada juga yang selisih banyak (lebih nyebelin lagi kan?), Udah gitu pas ke jasa pengirimannya duita ngepas...wkwkwkwkwk

- Belajar fotografi. Tahu kan ya modal bisnis online itu gambar, dan gambar itu menjual banget, tapi kalau terlalu bagus konsumen bisa merasa di tipu karena gak sesuai dengan kenyataan. Bingung kan?

- Kadang perlu nyiapin semua rekening Bank. Ada memang tipe konsumen yang beli aja harus sama bank nya supaya gak kena administrasi. Bagi konsumen biaya admin itu mahal lho.

- Banyak saingan. Yah namanya bisnis online, biasanya suppliernya sama, kadang jualannya ke orang yang sama juga, belum lagi kalau supplier tidak menjaga harga. Siap2 aja down karena harga yang Anda jual di babat habis oleh kompetitor yang modalnya lebih banyak, karena dia bisa jual lebih murah. Soal ini Anda bisa baca status saya tempo hari tentang tips memilih Supplier yang tepat.

- perlu belajar karakteristik tiap2 media online. Ingat FB tidak sama dengan Instagram, begitu juga WA, line, BBM, apalagi Marketplace yang masing2 punya gaya nya sendiri dan mungkin Anda perlu pelajari.

Hmmm...apa lagi ya, mungkin itu dulu yg keinget, ntar saya tambahin lagi deh.

Jadi kalau Anda merasa bisnis online itu banyak tantangan, saya ucapkan selamat datang. Welcome to the club bro....hehehehe. Anda tidak sendiri, mudah2an Anda bisa segera keluar dari kondisi ini dan segera sukses menjual.

Salam Cemerlang

Komentar